RAHASIA SUKSES DIET GOLONGAN DARAH A, B, AB DAN O

 

rahasia-sukses-diet-golongan-darah-b-ab-dan-o
RAHASIA SUKSES DIET GOLONGAN DARAH A, B, AB DAN O

Diet Golongan Darah – Memiliki berat badan berlebih memang sangat mengganggu. Selain mengganggu penampilan juga sangat mengganggu kesehatan. Kelebihan berat badan terjadi karena penumpukan lemak yang terjadi di dalam tubuh.

Kelebihan lemak dapat merusak kerja organ-organ di dalam tubuh. Jika lemak membalut jantung maka akan terjadi penyakit jantung yang cukup serius. Coba bayangkan jika lemak membalut atau menutupi seluruh organ dalam tubuh, apa yang akan terjadi? Berbagai penyakit kronis dan berujung kematian.

Belum lagi kelebihan lemak tersebut akan merusak tulang terutama tulang yang berada dibagian kaki atau lutut, tulang tersebut tidak kuat menopang tubuh yang terlalu berat, maka tulang akan lemah dan kehilangan kemampuannya menyangga tubuh.

Maka dari itu sebaiknya kita berusaha menurunkan berat badan dengan cara perbanyak olah raga  dan melakukan diet. Ada beberapa diet yang sedang populer di masyarakat salah satunya adalah diet golongan darah.

Diet golongan darah sama tujuannya dengan cara diet lain yaitu membakar dan menghilangkan lemak dari tubuh kita. Hanya saja diet golongan darah memiliki jenis makan yang berbeda tergantung golongan darah seseorang.

Dokter Peter sebagai penemu diet golongan darah berpendapat, bahwa kemampuan pencernaan dari setiap golongan darah itu berbeda-beda, maka dari itu tiap orang dianjurkan diet sesuai dengan kapasitas atau kemampuan sistem pencernaan seseorang sesuai golongan darah tertentu, Agar organ sistem pencernaan tidak terlalu berat saat mencerna makanan yang kita konsumsi.

Kondisi darah seseorang memiliki reaksi yang berbeda terhadap satu jenis makanan, hal itu disebut warisan genetika reaksi kimia, yang disebabkan beberapa faktor , salah satunya disebut sebagai laptop lectin. Atau kemampuan tiap orang mencerna lektin yang merupakan sejenis protein berbeda-beda. Jika lektin yang terdapat pada makanan tidak tepat akan mengakibatkan perut kembung, melambatnya metabolisme serta dapat memicu timbulnya berbagai penyakit kronis seperti kanker.

Jika anda tertarik ingin melakukan diet golongan darah sebaiknya anda cek terlebih dahulu golongan darah anda. karna berbeda golongan darah cara dan makanan yang kita konsumsi akan berbeda.

MENU DAN PANTANGAN MELAKUKAN DIET GOLONGAN DARAH

Melakukan diet pada dasarnya adalah mengatur pola makan serta mengurangi porsi makan kita. Serta mengganti makanan yang kurang sehat dengan makanan kaya serat serta rendah kalori. Begitu juga cara melakukan diet golongan darah. Berikut aturan melakukan diet golongan darah :

GOLONGAN DARAH O

Orang dengan golongan darah O lebih kuat dibanding golongan darah lain. Sistem pencernaannya juga kuat jadi diet golongan darah O sangat cocok mengkonsumsi berbagai jenis daging atau dikenal dengan diet protein tinggi, dan mengurangi sumber karbo seperti nasi . Golongan darah O lebih rentan terserang penyakit kolesterol dan darah tinggi. Golongan darah O juga jarang sakit karena sistem kekebalan tubuhnya sangat tinggi.

BEBERAPA KARAKTERISTIK GOLONGAN DARAH O 

  1. Fisiknya lebih kuat dari pada orang dengan golongan darah lain
  2. Berat badan tidak stabil gampang naik dan gampang turun
  3. Beresiko tinggi terserang penyakit kolesterol dan darah tinggi
  4. Pencernaannya cenderung sensitif
  5. Memiliki asam lambung yang cukup tinggi
  6. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat
  7. Sistem pencernaannya lebih kuat

OLAHRAGA YANG COCOK DILAKUKAN ANTARA LAIN 

  1. Berenang
  2. Bersepeda
  3. Jalan cepat
  4. Jogging
  5. Fitnes

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT DIET GOLONGAN DARAH O

  1. Minuman : kopi, minuman keras, susu sapi, yoghurt, dan minyak kelapa, es krim
  2. Makanan : brokoli, kentang, kembang kol, jagung, mentimun, jamur, blewah, kuaci, keju, kacang tanah, kaacang mede, dan jagung
  3. Makanan laut : kodok, kerang, gurita, penyu dan cumi-cumi
  4. Daging : daging babi

MAKANAN YANG DIANJURKAN UNTUK DIET GOLONGAN DARAH O

  1. Minuman : susu kedelai
  2. Makanan : jambu biji,kacang polong, rumput laut, kunyit, jahe, selada, lobak cina, blueberry, cerry, ganggang laut, terong, kedelai,waluh, brokoli, bawang, kacang merah, kari, terong, ubi dan selada.
  3. Makanan laut : udang, tuna, dan lobster
  4. Daging : daging sapi, domba, kerbau, dan kambing

MAKANAN HARIAN GOLONGAN DARAH O 

  1. Minuman : susu kedelai
  2. Makanan : tomat, labu, kacang merah, kacang hitam, buncis,kedelai, telur, mentega, bubur gandum, tahu, tepung gandum, dan beras
  3. Makanan laut : ikan sarden, tuna dan udang
  4. Ikan dan daging : kambing, angsa, belut, ayam, bebek, kalkun, dan kelinci.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat diet golongan darah o. Serta beberapa olah raga yang baik dilakukan untuk membantu menyeimbangkan diet anda serta mengoptimalkan pembakaran lemak.

GOLONGAN DARAH A

Orang dengan golongan darah A lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Sistem pencernaan golongan darah A lebih lambat mencerna makanan. Jika tidak mengkonsumsi makanan yang tepat lebih mudah mengalami kegemukan.

Makanan yang baik dikonsumsi orang yang bergolongan darah A dianjurkan bebas daging dan menjadikan buah, sayur, kacang, dan biji-bijian sebagai menu utama. Boleh mengkonsumsi daging namun dengan porsi yang sedikit.

 Sebaiknya diet golongan darah A menerapkan pola makan vegetarian agar berat badan dapat terjaga. Golongan darah a memiliki darah yang yang lambat beredar hal itu mengakibatkan racun yang berada di dalam tubuh sulit dikeluarkan dan akhirnya menumpuk di dalam tubuh. Racun di dalam tubuh mengakibatkan berbagai penyakit dan berat badan mudah naik.

KARAKTERISTIK GOLONGAN DARAH A 

  1. Darah lambat beredar karna memiliki konsistensi kekentalan darah
  2. Mudah terserang penyakit diabetes, kanker dan jantung
  3. Sistem pencernaannya lebih lambat
  4. Memiliki kepribadian yang baik, ulet dn kreatif namun lebih sensitif
  5. Lebih mudah mengalami kegemukan

OLAHRAGA YANG DIANJURKAN

Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga outdoor yang berinteraksi dengan matahari langsung :

  1. Lari
  2. Tai chi
  3. Senam
  4. Berenang
  5. Jogging
  6. Bersepeda

MAKANAN YANG DILARANG SAAT DIET GOLONGAN DARAH A

  1. Minuman : minuman bersoda, susu sapi, santan, dan es krim.
  2. Makanan : tomat, ubi, kentang, jeruk, pare, pepaya, acar, terong, mentega, melon madu, pisang raja dan keju
  3. Makanan laut : udang dan cumi-cumi, gurita, kodok, dan belut
  4. Daging dan ikan : belut, kodok, sapi, angsa, kelinci dan ayam hutan

MAKANAN UNTUK DIET GOLONGAN DARAH A

  1. Minuman : susu kedelai, air mineral, jus nanas, jus mangga, dan sitrun, dan minyak zaitun
  2. Makanan : tahu, tempe, brokoli, bayam, wortel, jeruk, kacang tanah, kacang buncis, blueberry, kangkung, selada, tauge.
  3. Daging dan ikan : ikan sarden, siput, ikan mas

MAKANAN HARIAN GOLONGAN DARAH A

  1. Minuman : air mineral, susu kedelai, dan jus buah-buahan
  2. Makanan : kacang kapri, jagung, tapioka, telur puyuh, biji wijen,bawang merah, labu,anggur, melon, blewah, pear, delima, talas, strawberry, kesemek, jambu biji dan bunga matahari
  3. Daging dan ikan : kalkun, burung dara, ikan tuna, ayam dan bebek

Itulah beberapa menu yang dapat membantu anda menurunkan berat badan dan beberapa makanan yang dapat membantu mempertahankan berat badan orang dengan golongan darah A.

GOLONGAN DARAH AB

Orang dengan golongan darah AB juga mudah gemuk jika mengkonsumsi makanan yang tidak tepat. Golongan darah ini memiliki kecenderungan terserang penyakit telinga dan pernapasan, bukan berarti penyakit lain tidak bisa menyerang orang dengan golongan darah AB, hanya saja kedua penyakit ini lebih berpotensi menyerangnya.

KARAKTERISTIK GOLONGAN DARAH AB 

  1. Sensitif terhadap penyakit telinga dan pernapasan
  2. Lebih suka berbicara, cerdik, pemikir dan kreatif
  3. Berpotensi mengalami kegemukan

BEBERAPA OLAH RAGA YANG DIANJURKAN

  1. yoga

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT DIET GOLONGAN DARAH AB

  1. Minuman : minuman bersoda, es krim, minuman beralkoh*l, susu sapi segar, susu kental manis, susu kambing dan kopi
  2. Makanan : telor bebek, pare, pisang, buah kesemek, kelapa,jagung, jambu biji, mangga, kacang hitam, delima, tomat, dan acar
  3. Makanan laut : udang, lobster, dab kepiting
  4. Daging dan ikan : kodok, sapi, kerbau, ayam,rusa, kuda, dan angsa

MAKANAN UNTUK DIET GOLONGAN DARAH AB 

  1. Minuman : teh hijau, susu kambing, yoghurt dan air mineral
  2. Makanan : putih telur, keju rocotta, anggur merah, pepaya dan nanas
  3. Daging dan ikan : ikan sarden, tuna, kalkun, domba dan kelinci

MAKANAN HARIAN GOLONGAN DARAH AB 

  1. Minuman :air mineral
  2. Makanan : buncis, kacang merah, aneka roti beras, bayam, brokoli, selada, kacang merah,mentimun, labu, kentang, sawi, melon,jambu biji, mangga, kurma, buah pear, mentega, keju, dan telur ayam kampung
  3. Makanan laut : cumi-cumi
  4. Daging dan ikan : ikan mas dan tuna

Beberapa menu diatas sangat mudah kita dapatkan di pasar atau swalayan. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan tersebut akan membantu anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

GOLONGAN DARAH B

Jika golongan darah lain memiliki banyak pantangan makanan golongan darah B boleh mengkonsumsi makanan apa saja, namun tetap harus diperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi jangan berlebihan.

Makanan yang dikonsumsi juga harus dijaga kesehatannya jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak, santan, lemak. Jika sembarang makan berat badan akan naik dan orang yang memiliki golongan darah B lebih berpotensi terserang penyakit jantung.

 Orang dengan golongan darah B juga memiliki kualitas tidur yang buruk dan lebih rentan terkena insomnia yang membuat penderitanya terjaga sepanjang malam, jika tidak di atasi dengan benar akan mengakibatkan berbagai penyakit kronis lainnya dan akan menghambat metabolisme yang dapat menyebabkan tumpukan lemak pada tubuh.

Meski diperbolehkan mengkonsumsi makanan apa saja namun makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan jantung juga harus dihindari, serta makanan yang berpotensi menaikkan berat badan juga harus diatur jumlahnya.

OLAHRAGA YANG DIANJURKAN UNTUK DIET GOLONGAN DARAH B 

  1. Fitnes
  2. Mendaki
  3. Jogging
  4. Balet
  5. Dance

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT DIET GOLONGAN DARAH B

  1. Minuman : minuman bersoda, minuman beralkohol, es krim, santan susu tinggi lemak
  2. Makanan : gorengan, belimbing, telur angsa, telur angsa, kacang tanah, pare dan roti gandum
  3. Makan laut : lobster, kepiting, siput dan gurita
  4. Daging dan ikan laut : daging babi, daging kuda, kulit ayam, angsa, belut, kodok dan belibis

MAKANAN UNTUK DIET GOLONGAN DARAH B 

  1. Minuman : susu rendah lemak, air mineral, teh hijau
  2. Makanan : keju, kembang kol, bayam, wortel, terung, berbagai olahan ubi, kue beras, dan apel
  3. Ikan dan daging : ikan tuna, daging kambing, daging kelinci dan daging rusa

MAKANAN HARIAN UNTUK GOLONGAN DARAH B 

  1. Minuman : air mineral
  2. Makanan : buah jeruk, buah pir, kacang tanah, kacang buncis, berbagai olahan dari tepung beras, jambu biji, telur ayam, roti beras, labu, kentang, sawi, selada, bayam, brokoli, mentimun,kurma, dan kacang merah, mentega, keju, mangga, dan melon
  3. Makanan laut : cumi-cumi
  4. Daging dan ikan: ikan tuna, ikan mas, daging sapi. Daging kerbau, kalkun, dan hati anak sapi.

RESIKO DIET GOLONGAN DARAH

Diet golongan darah hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan. Tidak mempertimbangkan bagi anda yang memiliki penyakit tertentu seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi. Diet golongan darah juga harus diawasi bagi anda yang menderita penyakit diabetes dan ginjal.

Jika anda menderita penyakit tertentu sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli gizi jika anda ingin menurunkan berat badan, dan cara apa yang tepat diterapkan.

Itulah beberapa menu yang disarankan untuk menurunkan berat badan dengan cara diet golongan darah. Diet golongan darah dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Cara ini dianggap efektif  karena makanan yang dikonsumsi saat diet sesuai dengan kemampuan tubuh mencerna makanan. Jadi kerusakan yang dapat terjadi pada organ pencernaan akan terhindar karena organ pencernaan akan bekerja sesuai kemampuan.

Problem masa kini yang sedang naik daun adalah kenaikan berat badan yang sulit dikendalikan karena banyaknya makanan cepat saji yang beredar. Makanan cepat saji tersebut sangat tidak sehat, maka dari itu penyelesaian masalah tersebut harus dicari jalan keluarnya. Dan terus dikembangkan untuk mencari cara yang paling tepat dan cepat menurunkan berat badan mulai dari food combining, diet mayo dan diet golongan darah. 

Cek informasi tentang kesehataan lainnya hanya di www.ceksehat.com