PENYEBAB PENYAKIT KATARAK YANG WAJIB DIWASPADAI

Penyebab Katarak – Selama ini orang menganggap bahwa katarak hanya diderita oleh manula saja. Padahal tidak demikian, karena katarak bisa menyerang si

 

penyebab-penyakit-katarak-yang-wajib-diwaspadai
PENYEBAB PENYAKIT KATARAK YANG WAJIB DIWASPADAI

Penyebab Katarak – Selama ini orang menganggap bahwa katarak hanya diderita oleh manula saja. Padahal tidak demikian, karena katarak bisa menyerang siapa saja. Memang benar, faktor usia menjadi salah satu pemicu munculnya gangguan mata yang satu ini.

Sebenarnya bukan hanya faktor usia saja. Ada banyak penyebab katarak yang perlu kita waspadai. Jangan sampai karena pola hidup yang tidak benar membuat mata kita terganggu kesehatannya. Organ mata sangat penting, karena tanpa mata dunia akan gelap gulita dan kita akan kesulitan untuk beraktivitas.

Dalam medis, katarak merupakan bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi. Katarak inilah yang menghalangi masuknya cahata ke lapisan retina. Lalu, kira-kira apa penyabab katarak yang lainnya?

Berikut ini CekSehat.com bagikan beberapa penyebab katarak yang mesti anda waspadai dan sebisa mungkin untuk dihindari:

PENYEBAB KATARAK YANG HARUS DIWASPADAI

Sebenarnya, penyebab katarak masih belum diketahui pasti. Namun, secara umumnya, seiring pertambahan usia maka protein yang membentuk lensa mata akan berubah, keruh dan berkabut. Inilah yang memungkinkan lensa mata yang tadinya bening, berubah menjadi keruh. Banyak pengidap yang pada akhirnya membutuhkan operasi untuk mengganti lensa yang rusak ini dengan lensa buatan.

1. USIA

Penyebab katarak yang pertama adalah karena pertambahan usia. Karena usia yang terus bertambah, maka fungsi organ tubuh kita secara perlahan terus berkurang. Protein lensa Anda akan semakin menurun ketika usia Anda bertambah. Selain faktor tersebut, faktor lingkungan juga dapat menyebabkan katarak. Jadi memang, penderita katarak pada umumnya adalah lansia. namun tidak menutup kemungkinan mereka yang berusia muda juga terserang katara, karena masih ada penyebab katarak lainnya yang harus anda waspadai.

2. TRAUMA

Selain faktor usia, penyebab katarak yang lainnya adalah karena kejadian dimasa lampau yang mengakibatkan kita mengalami trauma. Trauma ini akan mengakibatkan pembengkakan, penebalan, dan munculnya warna putih di serat lensa. Warna putih yang terbentuk pada akhirnya dapat menyebabkan katarak.

3. GENETIKA

Ternyata katarak juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan, dimana  kelainan kromosom mampu mempengaruhi kualitas lensa mata Anda.

4. PENYAKIT KULIT

Penyakit kulit yang anda derita juga dapat mengakibatkan katarak, beberapa penyakit kulit tertentu mampu mempengaruhi kesehatan lensa mata Anda sepertii dermatitis atopik, ichthyosis, pemfigus, dan eksim.

5. INFEKSI

Penyakit infeksi seperti kusta, toksoplasmosis, dan cysticercosis juga dapat menjadi penyebab katarak yang mesti anda waspadai. Oleh karena itu apabila Anda mengalaminya, sebaiknya segera obati penyakit tersebut sebelum infeksi penyakit ini menyebar.

6. DIABETES

Anda memiliki penyakit diabetes? Penyakit diabetes juga bisa mengakibatkan anda terkena katarak, karena enzim aldosa reduktase yang ada di dalam tubuh penderita diabetes mampu memicu timbulnya penyakit katarak.

7. PENGGUNAAN OBAT TERTENTU

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat memicu timbulnya katarak. Obat-obatan seperti kortikosteroid terbukti mampu menyebabkan timbulnya katarak.

8. TERPAPAR SINAR MATAHARI

Apabila mata anda terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama juga bisa menjadi pemicu terkan penyakit katarak, jika anda beraktivitas di bawah terik matahari sebaiknya gunakan pelindung mata, apalagi jika anda bekerja di bawah terik matahari.

9. NUTRISI MAKANAN

Pola makan yang tidak sehat serta kurang vitamin A juga meningkatkan resiko terkena penyakit katarak.

10. ALKOH*L

Konsumsi minuman keras dalam jumlah banyak secara rutin juga dapat memicu terkena penyakit katarak dan banyak penyakit lainnya.

11. MEROKOK

Kebiasaan merokok juga dapat menjadi salah satu pemicu anda terkena katarak.

Itulah beberapa penyebab katarak yang harus anda hindari dan waspadai, semoga bermanfaat. Akan lebih bermanfaat lagi kalau anda mau membagikan artikel ini kepada yang lainnya.

Cek informasi tentang kesehataan lainnya hanya di www.ceksehat.com