DAFTAR TANDA KANKER SERVIKS YANG HARUS ANDA WASPADAI

 

daftar-tanda-kanker-serviks-yang-harus-anda-waspadai
DAFTAR TANDA KANKER SERVIKS YANG HARUS ANDA WASPADAI

Tanda kanker serviks – Kanker serviks merupakan kanker yang menyerang bagian mulut rahim dan leher rahim. Kanker ini memiliki pertumbuhan yang lambat, untuk berkembang kanker ini membutuhkan waktu 10 hingga 20 tahun namun perkembangan kanker ini sulit diprediksi.

Tanda kanker serviks yang paling umum adalah sakit pada bagian mulut rahim. Rasa sakit ini menyerang sesekali jika stadiumnya masih rendah. Dengan semakin meningkatnya stadium maka rasa sakit dan intensitasnya semakin parah dan sering.

Penyakit yang disebabkan serangan human papilloma virus ini menjadi penyakit yang sangat banyak menyerang kaum wanita, bahkan di indonesia sendiri penyakit ini merenggut 1 nyawa setiap 1 jamnya.

Tidak semua virus yang menyerang akan berkembang menjadi kanker serviks, sebab human papilloma virus dapat berdiam diri selama bertahun-tahun di dalam tubuh. Beberapa faktor dapat membuat virus tersebut aktif dan terus berkembang menjadi kanker serviks.

Namun kebanyakan wanita tidak mengetahui tanda kanker serviks sehingga penanganan akan lebih sulit dilakukan. Kanker serviks sebenarnya satu-satunya kanker yang dapat diobati secara tuntas jika cepat diketahui dan dilakukan penanganan yang tepat.

Tapi sayangnya kanker ini lambat diketahui sehingga menjadi penanganan akan lebih sulit lagi dilakukan. Itulah sebabnya kanker serviks ini banyak merenggut nyawa penderitanya. Untuk itu sebaiknya kita sebagai masyarakat awam mengetahui apa saja tanda kanker serviks sangatlah penting agar kita bisa waspada terhadap serangan penyakit tersebut.

TANDA KANKER SERVIKS YANG WAJIB KITA KETAHUI

Jika anda merasa sakit pada mulut rahim dengan intensitas ringan dan jarang, maka sebaiknya anda segera lakukan pemeriksaan ke dokter sebab itu bisa menjadi tanda kanker serviks stadium awal. Dengan semakin tinggi stadiumnya maka gejala akan semakin terasa sakit dan sering.

Human papillongma virus yang menyerang tubuh mulai menggerogoti sel dan jaringan pada mulut rahim. Sehingga pertumbuhan sel-sel akan semakin tak terkendali atau ubnormal dimana sel tersebut mulai berubah menjadi kanker serviks.

Selain gejala umum yang ditunjukkan, masih banyak lagi gejala kanker serviks lainnya seperti berikut ini:

TANDA KANKER SERVIKS STADIUM AWAL

Pada stadium awal kanker serviks belum menunjukkan gejala apapun. Hanya sesekali terasa nyeri pada mulut rahim meski tanpa penyebab yang jelas. Itulah mengapa kanker ini sangat lambat dideteksi.

Diagnosa biasanya didapatkan setelah kanker serviks memasuki stadium sedang yang sudah mulai menunjukkan berbagai gejala lanjutan. Diagnosa yang lambat bisa berakibat fatal. Sebab pengobatan akan lebih sulit lagi dilakukan.

Salah satu jalan pengobatan yang menjadi pilihan adalah operasi pengangkatan rahim. Dengan begitu anda tidak bisa lagi memiliki keturunan.

TANDA KANKER SERVIKS STADIUM SEDANG

Pendarahan pada vagina

Tanda kanker serviks juga bisa ditunjukkan dari pendarahan yang terjadi meski tidak dalam siklus menstruasi. Pendarahan ini terjadi akibat leher rahim yang terus mengalami infeksi. Infeksi ini akan semakin serius ketika anda terlalu sering melahirkan anak.

Pendarahan yang disebabkan oleh kanker serviks bisa dilihat dari ciri-ciri berikut:

  1. Pendarahan terjadi diluar masa haid
  2. Terjadi pada saat berhubungan intim
  3. Pendarahan juga bisa terjadi ketika telah memasuki masa menoupose
  4. Masa haid lebih panjang dari biasanya
  5. Darah haid lebih banyak dari biasanya
  6. Nyeri pada mulut rahim

Untuk kanker serviks stadium awal dapat ditandai dengan rasa nyeri pada mulut rahim meski tidak dalam intensitas yang sering. Rasa nyeri ini diakibatkan sel-sel dan jaringan yang terus digerogoti oleh virus yang menyerang leher rahim.

Jika stadium semakin tinggi maka rasa nyeri tersebut akan lebih sering lagi terjadi dengan rasa nyeri yang lebih hebat lagi.

Rasa sakit selama berhubungan intim

Leher rahim yang mengalami infeksi akan semakin terasa ketika ada desakan benda asing di dalamnya. Benda asing yang masuk bisa terjadi ketika tengah berhubungan intim. Itulah sebabnya rasa nyeri akan semakin terasa ketika anda berhubungan intim.

Jika anda merasa saat berhubungan intim merasakan nyeri meski tanpa sebab yang jelas sebaiknya segerala konsultasi ke dokter sebab gejala tersebut bisa mengindikasi adanya kanker pada leher rahim anda.

Nyeri disekitar panggul

Jika tubuh anda mengalami berbagai gejala kanker serviks diatas lalu ditambah lagi dengan nyeri pada bagian panggul maka pemeriksaan lebih intensif memang harus segera dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda, bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala kanker serviks

Pendarahan setelah menoupose

Setelah memasuki masa menoupose biasanya seorang wanita tidak akan mengalami masa haid atau mengeluarkan darah melalui vagina. Namun ketika berada pada masa tersebut lalu anda merasa anda darah yang keluar memalui vagina atau disebut pendarahan maka itu bisa menjadi gejala kanker serviks.

Jika anda mengalami pendarahan setelah menoupose sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar kondisi kesehatan tubuh bisa dipantau dan bisa segera dilakukan penanganan yang tepat.

Keputihan yang abnormal

Keputihan memang menjadi masalah klasik pada wanita di usia produktif. Hal itu merupakan hal yang wajar. Namun ketika keputihan terjadi kurang wajar atau abnormal seperti keputihan berwarna keruh, berbau, menyebabkan gatal-gatal, keputihan bercampur darah, keputihan berlangsung dalam waktu yang lama itu bisa menunjukkan adanya indikasi gejala kanker serviks.

Masa haid yang lebih berat dari biasanya

Setiap wanita yang subur pastinya mengalami yang namanya masa haid. Namun ketika haid yang anda alami lebih berat dari biasanya, mengeluarkan darah yang lebih banyak serta dengan masa haid hingga berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan maka pemeriksaan ke dokter harus segera dilakukan sebab itu merupakan salah satu gejala kanker serviks.

Keluar cairan berwarna kuning dan keruh serta berbau kurang sedap dari area kewanitaan. Cairan tersebut akan bertambah banyak saat kanker semakin parah

TANDA KANKER SERVIK STADIUM LANJUT

Sakit punggung

Sakit punggung biasa dirasakan ketika kanker serviks yang anda alami sudah memasuki stadium lanjut dimana kanker sudah mulai mengalami penyebaran ke organ tubuh lainnya.

Nyeri tulang

Gejala kanker serviks stadium lanjut selanjutnya adalah nyeri pada bagian tulang hal ini akan membuat anda kesulitan bergerak

Patah tulang

Kanker serviks yang menyerang leher rahim juga bisa menyebabkan kerapuhan pada tulang sehingga tulang akan mudah mengalami patah tulang.

Kelelahan

Pendarahan yang terjadi terus menerus menyebabkan tubuh kekurangan darah atau anemia. Salah satu dampak kekurangan darah adalah kelelahan yang berlebihan

Keluar urine atau vases dari vagina

Kemampuan vagina akan semakin menurun ketika sudah memasuki stadium lanjut. Kerja vagina juga akan mulai keliru dimana vases bisa keluar melalui vagina dimana hal tersebut tidak semestinya

Nyeri kaki

Gejala kanker serviks stadium lanjut yang sudah mulai mempengaruhi bagian tulang terutama tulang kaki ini dapat menyebabkan kaki terasa nyeri

Kehilangan nafsu makan

Ketika tubuh merasakan ada yang tidak beres atau sakit yang berlebihan hal itu tentunya juga akan berpengaruh pada nafsu makan yang semakin menurun atau hilang. Begitu juga dengan kanker serviks yang menyerang tubuh akan membuat nafsu makan menghilang

Nyeri panggul

Kaki bengkak

Menurunnya berat badan

Nyeri ketika buang air kecil

PENYEBAB KANKER SERVIKS

Penyebab utama kanker serviks adalah infeksi human papilloma virus. Namun bukan berarti semua virus tersebut dapat menyebabkan kanker serviks. Virus ini dapat hidup berdiam diri selama bertahun-tahun tanpa menginfeksi tubuh.

Ada beberapa faktor pendukung lain yang membuat virus ini menjadi aktif dan menggerogoti mulut dan leher rahim. Berikut beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terserang kanker serviks seperti:

  1. Melakukan hubungan intim dengan banyak orang
  2. Melahirkan banyak anak
  3. Berhubungan itim di usia yang masih terlalu muda
  4. Menikah di usia muda
  5. Merokok
  6. Minuman beralkohol
  7. Menggunakan alat kontrasepsi pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama
  8. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

PEMERIKSAAN GEJALA KANKER SERVIKS

untuk mengetahui secara pasti apakah tubuh menderita kanker serviks sebaiknya segera lakukan pemeriksaan secara intensif ke dokter kandungan. Biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes yang meliputi:

Pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik

Pemeriksaan panggul ini bertujuan untuk merasakan ukuran, bentuk, posisi uterus dan ovarium dengan cara memasukkan jari melalui vagina

Tes pap smear yang bertujuan mengumpulkan sel dari leher rahim dan vagina untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif lagi menggunakan mikroskop

Tes human papilloma virus yang bertujuan untuk memeriksa DNA atau RNA untuk beberapa jenis virus HPV

Kuretase endoserviks dilakukan dengan jalan kuret untuk mengambil sel jaringan disekitar leher rahim untuk dilakukan pemeriksaan menggunakan mikroskop

Biospi akan dilakukan dengan cara mengambil sebagian leher rahim sebagai sampel untuk mengetahui secara pasti kondisi leher rahim anda.

CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS

Beberapa faktor dapat anda lakukan sebagai pencegahan terhadap serangan human papilloma virus tersebut dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. Mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi seperti buah dan sayur serta masih banyak lagi yang lainnya
  2. Jaga kebersihan tubuh dan sanitasi lingkungan
  3. Bersihkan organ kewanitaan dengan air yang bersih dan higenis
  4. Hentikan kebiasaan merokok
  5. Setia pada pasangan
  6. Hindari berhubungan intim pada rentan usia terlalu muda
  7. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratu minimal 2 tahun sekali
  8. Pemberian vaksin HPV bagi anda yang belum pernah berhubungan intim bisa menjadi salah satu solusi

Demikianlah beberapa tanda kanker serviks yang dapat memberi informasi bagi anda. Jika tubuh terasa mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya, agar semakin banyak lagi yang mengetahui apa saja tanda kanker serviks yang biasanya muncul. 

Cek informasi tentang kesehataan lainnya hanya di www.ceksehat.com