DAFTAR SAYURAN PENURUN KOLESTEROL YANG SEHAT DIKONSUMSI

 

daftar-sayuran-penurun-kolesterol-yang-sehat-dikonsumsi
DAFTAR SAYURAN PENURUN KOLESTEROL YANG SEHAT DIKONSUMSI

Sayuran Penurun Kolesterol – Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh untuk membentuk dinding sel, salah satu komponen pembuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D. Namun jika kadarnya melebihi batas normal justru akan menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan.

Kadar kolesterol bisa dikatakan tidak berbahaya jika berada di bawah 200 mg/dl. Namun jika kadarnya sudah di atas 240 maka anda patut waspada dan harus mencari cara menurunkan kadarnya.

Menurunkan kadar kolesterol sebenarnya tidaklah sulit. Salah satu cara menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi sayur penurun kolesterol. Pada dasarnya semua sayur yang mengandung serat dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Namun tetap ada spesifikasi khusus pada sayuran yang memiliki manfaat menurunkan kolesterol dengan cepat. sayuran penurun kolesterol pada umumnya memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu membuangnya melalui kotoran.

Selain itu sayuran penurun kolesterol biasanya dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat. Sebab kolesterol dibagi menjadi dua jenis seperti berikut ini:

LDL atau biasa disebut kolesterol jahat yang sangat berbahaya bagi tubuh yang biasa didapat dari sumber makanan yang mengandung kolesterol seperti jeroan, seafood, serta lemak trans

HDL atau disebut kolesterol baik yang baik bagi tubuh dan memiliki banyak fungsi dan dapat menekan kadar kolesterol jahat yang didapat dari sumber lemak tak jenuh seperti alpukat serta minyak zaitun.

BEBERAPA JENIS SAYURAN PENURUN KOLESTEROL

Kolesterol jahat yang mengendap di dalam darah akan menyebabkan terbentuknya plak yang akan menghambat peredaran darah sehingga berbagai fungsi organ akan terganggu. Jika kadar kolesterol jahat di dalam darah tidak dikendalikan dan terus saja meningkat maka bisa berakibat penyempitan arteri.

Jika pembuluh arteri yang bertugas mengalirkan darah dari jantung menuju seluruh tubuh terhambat maka dapat menyebabkan gangguan jantung. Belum lagi jika peredaran darah ke otak terhambat maka dapat menyebabkan aliran darah semakin kencang dan bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah ke otak.

Jika hal tersebut terjadi maka serangan stroke akan mengancam tubuh anda. oleh sebab itu mengontrol kenormalan kadar kolesterol sangatlah penting. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran penurun kolesterol.

Mari kita lihat beberapa sayur penurun kolesterol seeprti berikut ini:

BAYAM

Bayam memiliki kandungan serat tinggi yang dapat mencegah penyerapan kolesterol sehingga dengan mengkonsumsi bayam secara teratur maka kadar kolesterol juga akan dikontrol dengan baik. kandungan serat tingginya juga baik memelihara kesehatan sistem pencernaan anda dan mencegah obesitas.

Selain itu bayam juga mengandung zat yang dapat memelihara kesehatan jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Namun hindari mengolah bayam dengan menggunakan minyak trans karena akan mengurangi khasiat dari bayam tersebut.

BUNCIS

Buncis termasuk ke dalam golongan sayur rendah lemak yang mengandung lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigleserida dengan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain mengkonsumsi sayur buncis secara teratur akan membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat yang baik bagi penderita diabetes.

KACANG PANJANG

Kacang panjang termasuk sayuran tinggi serat yang baik bagi jantung dan dapat memperlambat laju penyerapan kolesterol dalam darah. Dengan begitu mengkonsumsi kacang panjang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu kandungan asam lemak tak jenuh ganda akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik yang bermanfaat untuk menekan jumlah kolesterol jahat.

BROKOLI

Brokoli menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol yang sangat ampuh. Brokoli juga termasuk sayur yang kaya serat yang dapat membantu mengikat asam empedu di dalam saluran pencernaan dan kandung kemih.

Dengan begitu kadar kolesterol jahat juga dapat dikontrol kestabilannya dengan baik. anda bisa membuat sup brokoli tanpa minyak trnas atau buatlah jus brokoli tanpa gula tambahan dan minumlah 2 gelas perhari.

SELEDRI

Daun seledri memang bukanlah jenis sayur yang bisa dijadikan lauk ketika makan namun biasa digunakan untuk taburan makan sup atau bakso yang akan memberikan rasa segar yang khas. namun masih banyak lagi manfaat penting lain dari seledri tersebut.

Salah satu manfaat bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu mengkonsumsi jus seledri juga dapat memelihara kesehatan jantung anda.

Minumlah jus seledri yang ditambah sedikit apel hijau setiap pagi guna membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

WORTEL

Kandungan vitamin A pada wortel sangat baik dalam merawat kesehatan mata. Namun selain itu berbagai kandungan pada wortel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Bersihkan wortel secukupnya kemudian haluskan dengan cara diblender atau diparut, setelah peras dan minum air wortel tersebut setiap pagi menjelang sarapan.  Selain dapat menurunkan kolesterol dengan mudah, cara ini juga akan membantu anda mendapatkan kulit yang halus dan cerah.

RUMPUT LAUT

Konsumsilah rumput laut setiap hari yang dalam bentuk sayur kering atau pun basah keduanya memiliki manfaat yang sama yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Cara ini cukup efektif jika dikonsumsi secara rutin.

Anda dapat membuat nasi gulung dengan lapisan rumput laut. Atau anda juga dapat membuat bubuk rumput laut dengan cara ambil rumput laut kering lalu haluskan. Gunakan bubuk rumput laut tersebut sebagai taburan masakan atau taburan minuman setiap hari hingga kolesterol benar-benar turun.

DAUN SIRIH

Daun sirih memang memiliki banyak manfaat dalam dunia kecantikan dan dunia kesehatan. Kandungan antiseptik dan antibakterinya sangat baik merawat kulit. Selain itu daun sirih juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Rebuslah 10 lembar daun sirih dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah itu angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin minumlah air tersebut secara teratur makan anda akan melihat hasil yang signifikan.

DAUN ASAM

Daun asam juga bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Daun asam ini memiliki rasa yang segar jika dikonsumsi. Selain itu mengkonsumsi daun asam ini sangatlah aman tanpa efek samping berbahaya bagi kesehatan namun justru akan memberikan dampak positif.

Dengan begitu masalah penyumbatan darah akan dapat teratasi dengan mudah dan mencegah penyempitan arteri yang menyebabkan penyakit jantung.

Cara membuatnya juga sangat mudah rebus 12 gram daun asam segar menggunakan 1 gelas air kemudian biarkan hingga mendidih. Setelah itu angkat dan biarkan beberapa saat hingga air menjadi dingin. Sete;ah dingin minumlah air tersebut 2 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

OKRA

Okra menjadi salah satu sayur penurun kolesterol karena sayur okra mengandung serat tinggi yang dapat menghambat penyerapan kolesterol sehingga akan menghambat pembentukan plak. Selain itu okra mengandung mineral, vitamin dan antioksidan yang baik bagi tubuh dan menurunkan resiko penyakit kanker.

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada okra membuatny sangat bermanfaat mengobati berbagai penyakit seperti menurunkan kolesterol, menghambat penyakit kanker, serta menyembuhkan gangguan pencernaan seperti kontopasi.

TERUNG

Terung merupakan jenis sayur yang mengandung serat larut tinggi yang baik dalam mencegah penyerapan kolesterol sehingga sangat baik dijadikan sayuran penurun kolesterol. Namun bagi penderita maag atau gangguan pencernaan sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Baca juga: Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Sakit Maag

Sebab kandungan serat tingginya akan membuat kerja sistem pencernaan semakin berat namun sangat ampuh menurunkan kolesterol jahat dengan cepat.

KUBIS

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat memang diperlukan makanan yang mengandung serat tinggi. Kandungan serat tersebut bisa anda dapatkan dari beberapa jenis sayuran salah satunya kubis.

Kubis tinggi akan serat yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan mencegah penyempitan arteri sehingga anda akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Namun bagia anda penderita gangguan pencernaan sebaiknya batasi konsumsi kubis tersebut.

KUBIS MERAH

Kubis memang baik untuk menekan jumlah kolesterol jahat namun penggunaan kubis merah akan lebih efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain mengandung serat tinggi, kubis merah ini juga kaya antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas merusak tubuh dan membantu menstabilkan kadar kolesterol.

KALE

Kale juga menjadi salah sayuran penurun kolesterol yang cukup ampuh. Kandungan seratnya yang tinggi mampu menghambat pembentukan plak. Selain itu sayur kale juga termasuk ke dalam sayur yang rendah kalori sehingga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dan mencegah obesitas.

Selain itu kale juga tinggi sumber antioksidan sehingga sangat baik melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit yang disebabkan radikal bebas serta dapat mencegah penuaan dini.

TOMAT

Tomat tinggi akan lycopene yang sangat baik bagi tubuh. Berbagai manfaat dapat kita rasakan dengan rajin mengkonsumsi tomat, salah satu manfaat nyata yang dapat kita rasakan yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu tomat dapat menjadi pelindung tubuh yang sangat ampuh dari serangan radikal bebas. Mengkonsumsi tomat secara teratur akan memberikan banyak manfaat lain terutama bagi kulit, kulit akan terlihat lebih cantik dan sehat.

KANGKUNG

Sayuran penurun kolesterol adalah sayur yang tinggi serat dan berdaun hijau salah satunya adalah kangkung. Kandungan serat tinggi pada kangkung akan membantu menekan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah penyempitan arteri yang menyebabkan serangan jantung.

BAWANG PUTIH

Sejak berabad-abad yang lalu bawang putih telah digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit kronis salah satunya dapat menyembuhkan penyakit kolesterol tinggi. Selain itu bawang putih juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Berbagai kandungan pada bawang putih sangat baik bagi tubuh.  Selain itu bawang putih juga termasuk ke dalam bahan alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

BEBERAPA JENIS MAKANAN LAIN YANG DAPAT MENURUNKAN KOLESTEROL

Selain mengkonsumsi beberapa jenis sayur di atas untuk membantu menekan kadar kolesterol dalam darah, beberapa jenis makanan berikut ini juga dapat membantu mengatasi masalah kolesterol tinggi seperti:

  1. Gandum atau oatmeal
  2. Alpukat
  3. Apel
  4. Jeruk nipis
  5. Kayu manis
  6. Pir
  7. Semangka
  8. Kacang kenari
  9. Kacang almomd
  10. Ikan salmon
  11. Kedelai dan makanan olahan dari kedelai seperti susu kedelai, tahu, serta tempe
  12. Kacang polong
  13. Kacang merah
  14. Kacang hitam
  15. Pisang
  16. Yoghurt
  17. Coklat
  18. Beras merah
  19. Biji bunga matahari
  20. Teh hijau
  21. Delima
  22. Mangga
  23. Minyak zaitun
  24. Buah zaitun
  25. Jambu biji merah

Itulah beberapa jenis sayuran penurun kolesterol yang sangat efektif. Semoga informasi di atas dapat membantu anda mengatasi masalah kolesterol tinggi yang tengah anda alami. selain mengkonsumsi beberapa makanan di atas melakukan olahraga secara teratur juga bisa menjadi salah satu kunci bebas dari kolesterol tinggi. Selamat mencoba, semoga berhasil. 

Cek informasi tentang kesehataan lainnya hanya di www.ceksehat.com