17 PENYEBAB GIGI BERLUBANG

 

17-penyebab-gigi-berlubang
17 PENYEBAB GIGI BERLUBANG


Penyebab Gigi Berlubang
– Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dilakukan, karena gigi dan mulut memegang peran sangat penting untuk proses pencernaan. Peran gigi sangat penting untuk melembutkan, menghancurkan serta mengecilkan ukuran makanan yang akan dicerna oleh lambung kemudian di serap oleh usus.

Namun ternyata banyak juga yang kurang menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan gigi. Biasnaya setelah terjadi masalah pada gigi dan mulut barulah kita sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu masalah yang bisa terjadi adalah gigi berlubang. Ada banyak penyebab gigi berlubang yang mesti kita hindari.

Selain karena kebiasaan yang buruh, penyebab gigi berlubang adalah karena makanan yang kita konsumsi terlalu asam, terlalu manis dan kita biarkan menempel lama di gigi. Lubang pada gigi biasanya akan terus membesar, karena lubang tersebut menjadi tempat sisa makanan menempel dan kemudian membusuk, sehingga gigi kita akan terus digerogoti oleh bakteri dan semakin habis.

PENYEBAB GIGI BERLUBANG YANG HARUS ANDA KETAHUI

Nah, kira-kira apa saja penyebab gigi berlubang yang harus kita ketahui? Kali ini Ceksehat akan berbagi informasi seputar penyebab gigi berlubang yang harus anda ketahui. Berikut ini diantaranya:

1. LANGSUNG TIDUR SETELAH MAKAN

Penyebab gigi berlubang yang pertama adalah karena kebiasaan kurang baik yaitu setelah makan, biasanya makan malam langsung tidur tidak sikat gigi atau minimal kumur-kumur. Makanan yang kita konsumsi tadi akan meninggalkan sisa-sisa yang menempel di gigi sehingga akan membusuk dan mengakibatkan bakteri berkembang dan menyebabkan kerusakan pada gigi. Hal ini semakin diperparah dengan kondisi dimana pada saat kita tidur produksi air liur menurun, padahal dibutuhkan air liur yang cukup untuk menetralisir kondisi asam ini.

2. BAKTERI

Nah, ini dia penyebab gigi berlubang yang paling utama, yakni bakteri. Beberapa bakteri penyebab gigi berlubang yaitu:

Bakteri Lactobacillus acidophilus. Bakteri ini biasanya hidup dipermukaan gigi yang dapat menyebabkan kerusakan gigi seperti gigi berlubang pada anak-anak usia 3 hingga 12 tahun.

Enam spesies bakteri streptokokus. Bakteri ini menyerang permukaan halus di sisi gigi, yaitu sisi yang biasanya menyentuh gigi yang berdekatan. Lubang gigi yang timbul pada sisi ini sulit untuk terdeteksi secara visual dan biasanya dapat dideteksi dengan menggunakan sinar-x.

Bakteri Odontomyces viscoses. Bakteri ini hidup di belakang lidah dan menyerang daerah sementum. Sementum adalah lapisan luar yang keras dari akar gigi (bagian bawah dua pertiga dari gigi yang biasanya dikubur di tulang gigi). Akar gigi dan sementum akan terbuka dan lebih rentan terhadap serangan bakteri ini, terutama pada pasien yang telah berusia lanjut atau pada pasien dengan penyakit gusi.

3. TIMBULNYA PLAK PADA GIGI

Timbulnya plak atau karang pada gigi juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Saat kita makan dengan kandungan gula yang cukup tinggi dan tidak langsung dibersihkan maka bakteri akan cepat menyerang gula tersebut dan memproduksi asam. Bakteri- bakteri tersebut akan membentuk plak bakteri. Plak adalah lapisan tipis (biofilm) lengket yang melapisi gigi yang mengandung mikroorganisme yang baik maupun jahat yang bergabung dengan sisa-sisa makanan. Plak terbentuk dengan tekstur agak kasar yang terlihat pada gigi belakang terutama di dekat dengan gusi. Jika plak terus menumpuk, maka hal tersebut dapat menyebabkan karang gigi.

Kandungan zat asam dalam plak dapat menghilangkan mineral gigi atau enamel gigi. Erosi ini dapat menyebabkan lubang kecil atau lubang pada enamel. Setelah enamel gigi menjadi aus, bakteri dan asam dapat mencapai lapisan gigi yang lebih dalam atau yang disebut dentin. Dentin gigi merupakan lapisan yang lebih lembut dari enamel dan memiliki sifat yang kurang tahan terhadap asam.

Pada saat kerusakan gigi terus berkembang, bakteri dan asam akan bergerak ke bagian yang lebih dalam dari gigi (pulp) yang berisi saraf dan pembuluh darah yang pada akhirnya akan membuat bagian pulp menjadi bengkak. Hal ini akan mengakibatkan sakit gigi yang parah.

4. KEBERSIHAN MULUT YANG BURUK

Penyebab gigi berlubang selanjutnya adalah karena memang kondisi mulut yang kurang bersih. Sebaiknya gigi harus di sikat minimal 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride agar terhindar dari rusaknya gigi dan bau mulut. Lubang pada gigi adalah salah satu penyebab bau mulut yang sangat kronis. Oleh karenanya membereskan masalah ini dapat di jadikan cara mengatasi bau mulut kronis.

5. MEROKOK

Perokok juga biasanya lebih berpotensi memiliki gigi berlubang. Karena kandungan dalam tembakau dapat mengganggu produksi air liur, yang mana fungsinya adalah untuk membantu menjaga permukaan gigi agar tetap bersih.

6. MENGKONSUMSI ALKOHOL

Selain merokok, mengkonsumsi alkohol juga dapat mengakibatkan gigi berlubang, Karena kandungan alkohol memiliki kontribusi kerusakan enamel gigi.

7. MULUT KERING

Air liur mungkin terkesan tidak penting, padahal air liur ini berperan untuk menjaga permukaan gigi agar tetap bersih serta dapat menetralisir asam di mulut. Beberapa jenis obat-obatan dan kondisi kesehatan dipercaya dapat menimbulkan berkurangnya produksi air liur dalam mulut, diantaranya adalah :

  1. Antidepresan trisiklik (TCA)
  2. Antihistamin
  3. Antiepilepsi
  4. Antipsikotik
  5. Beta-blocker
  6. Radioterapi
  7. Sindrom Sjogren, yaitu suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar yang mengeluarkan cairan, seperti air mata dan kelenjar air liur.

8. KEBIASAAN NGEMIL

Anda suka ngemil? Siapa sih yang t idak suka ngemil? Kebiasaan ngemil, apalagi kalau ngemil cemilan yang berbahan dasar gula tinggi, ini juga bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi, apalagi kalau segera kita bersihkan.

9. GUSI SURUT

Apa itu gigi surut? Gusi surut terjadi ketika jaringan gusi di sekitar gigi menyusut dan mengakibatkan gusi Anda tampak surut ke belakang. Kemudian permukaan gigi pada gusi yang bermasalah tadi akan tampak lebih terlihat atau lebih panjang. Nah, kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan gigi.

10. CARA MENYIKAT GIGI YANG TIDAK BENAR

Menyikat gigi yang tidak benar juga dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Sebaiknya menyikat gigi dari atas ke bawah atau sebaliknya. Selain itu sebaiknya menggunakan sikat gigi yang tepat pada saat menggosok gigi agar tidak merusak email gigi. Sikat gigi yang baik adalah yang memiliki bulu yang lembut. Dan sebaiknya Anda rutin mengganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali.

11. MAKANAN ASAM

Anda sering mengkonsumsi makanan asam? Makanan atau minuman asam dapat mengakibatkan gigi menjadi keropos dan berlubang. Beberapa diantaranya seperti permen asam, soft-drink berperisa jeruk, dan sebagainya. Seorang fellow dari American Academy of Pediatric Dentistry, Robyn Loewen, DDS, menyatakan:

“Jika Anda hendak konsumsi makanan tinggi asam, maka temani dengan makanan lain. Sesudahnya, sikatlah gigi secara dengan baking soda yang sudah terbukti mampu menetralisi asam di dalam mulut sehingga mencegah bakteri Streptokokus pecinta asam beraktivitas.”

12. POLA MAKAN

Pola makan yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab gigi berlubang. Beberapa makanan yang kurang baik untuk gigi kita seperti cokelat, permen, gula, minuman bersoda, makanan bertepung seperti keripik, roti, pretzel, biskuit, dan lain sebagainya. Beberapa jenis obat-obatan juga dapat mengandung gula, jadi sebaiknya pilihlah jenis makanan, minuman, serta obat-obatan yang bebas gula.

Anda tetap boleh mengkonsumsi makanan tersebut, namun sebaiknya langsung anda bersihkan gigi anda.

13. KURANG MAKAN SAYUR DAN BUAH

Sayur dan buah yang banyak mengandung serat dapat membantu membersihkan gigi geligi ketika dikonsumsi. Baca juga: Buah untuk penderita diabetes

14. SERING MAKAN MAKANAN MANIS DAN LENGKET

Makanan manis, siapa yang tidak suka. Makanan manis dan lengket merupakan kesukaan kuman-kuman di mulut. Semakin lengket makanan, semakin sulit dibersihkan, maka semakin mudah pula kuman berkembang. Apa lagi jika dalam sehari kita sering mengonsumsi makanan manis, maka kemungkinan gigi berlubang semakin tinggi.

15. MENYIKAT GIGI DI WAKTU YANG KURANG TEPAT

Selain kurang tepat dalam menggosok gigi, waktu yang kurang pas saat menggosok gigi juga bisa mengakibatkan gigi berlubang. Sebaiknya kita mengubah jadwal sikat gigi kita sebagai pengawal dan penutup hari.

16. KURANG BERSIH MENYIKAT GIGI

Terburu-buru saat menggosok gigi mengakibatkan gigi kurang bersih. GOsok bagian gigi luar (menghadap pipi), permukaan untuk mengunyah, dan bagian dalam (berbatasan dengan lidah/langit-langit). Selain itu, disarankan juga penggunaan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi.

17. MALAS MENYIKAT GIGI

Penyebab gigi berlubang yang terakhir adalah karena malas menggosok gigi. ‘Suka’ dengan tumpukan sisa makanan di sela-sela gigi.

Bagaimana? Kira-kira kebiasaan mana yang sering anda lakukan? Nah, setelah kita mengetahui penyebab gigi berlubang di atas, sebaiknya kita mulai menghindari atau mengurangi kebiasaan buruk dan meningkatkan kebiasaan baik merawat gigi sejak saat ini. 

Cek informasi tentang kesehataan lainnya hanya di www.ceksehat.com